Sabtu, 02 Maret 2024

1.2.PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan perangkat keras komputer memerlukan komponen perangkat lunak. Sistem perangkat lunak pada komputer terdiri atas komponen firmware, sistem operasi dan program aplikasi.

1.2.1 FIRMWARE

Firmware merupakan perangkat lunak yang disertakan pada perangkat keras dari pabrik/vendornya. Dengan kata lain, kode instruksinya disimpan di dalam perangkat keras itu sendiri. Instruksi-instruksi BIOS (Basic Input Output System) yang terdapat pada flash ROM motherboard merupakan contoh suatu firmware. Contoh lainnya adalah flash ROM yang terdapat pada suatu kartu grafis. Firmware umumnya berupa instruksi untuk inisialisasi dan pengendalian operasi perangkat keras yang bersangkutan. Misalnya BIOS pada motherboard berisi instruksi untuk berkomunikasi dan melakukan inisialisasi kerja dari prosesor, memori utama, dan subsistem I/O lainnya yang terintegrasi dalam motherboard tersebut.

1.2.2 SISTEM OPERASI




Selain firmware yang mengatur kerja suatu perangkat keras, diperlukan komponen perangkat lunak lainnya untuk mengoordinasikan penggunaan berbagai komponen perangkat keras komputer lainnya.
Sistem operasi merupakan komponen perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola seluruh komponen dan sumber daya komputer, fisik maupun nonfisik (misalkan data) agar dapat digunakan secara optimal.
Selain itu, sistem operasi bertanggung jawab untuk menyediakan antarmuka bagi pengguna maupun program aplikasi. Sistem operasi memiliki posisi yang sangat menentukan dalam sistem komputer. Seperti halnya tubuh tanpa jiwa adalah mati maka perangkat keras kompurer tanpa adanya sistem operasi adalah tidak berguna. Ada berbagai macam sistem operasi seperti DOS (Disk Operating System), Windows (95, 98, Milenium, XP, 2000 Proffesional, NT, 2003 Server, Vista, Win7, Win8,Win10), Linux (distro : Red Hat, Mandriva, Open SuSe, Ubuntu, Fedora).
Komponen perangkat lunak ini merupakan topik utama dari buku ini. Mengenai komponen fungsionalitas dari sistem operasi akan dibahas lebih Ianjut di Bab II dan bab-bab selanjutnya.

1.2.3 PROGRAM APLIKASI

Tujuan akhir dari penggunaan komputer adalah membantu pekerjaan manusia. Karena keperluan manusia sangat beragam maka komputer dirancang untuk membantu berbagai macam aktivitas manusia. Untuk mencapai tujuan ini maka komponen perangkat lunak lainnya harus ada yaitu program aplikasi.
Program aplikasi berjalan di atas sistem operasi. Artinya eksekusi program aplikasi difasilitasi dan diatur oleh sistem operasi. Sejumlah program aplikasi dapat berjalan secara konkuren atau bersama di atas sistem operasi. Dalam kondisi seperti ini, sistem operasi bertanggung jawab agar eksekusi program-program aplikasi tersebut tidak saling mengganggu satu sama lain.
Contoh program aplikasi dan kegunaannya adalah aplikasi spreadsheet seperti Ms Excel yang menyediakan fungsi-fungsi untuk perhitungan tabular data keuangan dan statistik, aplikasi Microsoft Word yang menyediakan fungsi-fungsi untuk menulis berbagai macam surat dan dokumen. Contoh lainnya adalah aplikasi winAmp yang menyediakan fasilitas untuk memutar lagu-lagu di komputer, aplikasi WinZip vang menyediakan fungsi untuk mengkompresi data sehingga berkas data berukuran lebih kecil.

Secara garis besar program aplikasi dibedakan atas dua kategori besar yaitu:
1. Aplikasi Pengguna
Yaitu aplikasi yang dikembangkan khusus untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu permasalahan yang sifatnya khusus. Contoh: aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word, MS Excel, MS Power, ataupun Star Office, aplikasi aplikasi bisnis seperti MYOB, Lotus Suite, aplikasi multimedia seperti WinAmp, Media Player, dan lain sebagainya.
2. Aplikasi Utilitas/sistem
Yaitu aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pengelolaan penggunaan sumber daya komputer. Contoh: WinZip digunakan untuk mengkompresi berkas sehingga menghemat ruang penyimpanan berkas, Defragmenter digunakan untuk mengatur alokasi berkas di media penyimpan, Antivirus digunakan untuk membersihkan sistem operasi dari gangguan program perusak.
Selain itu secara bebas, aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai fungsionalitasnya secara khusus seperti pada Tabel 1.1

Tabel l.l Berbagai Kategori Program Aplikasi

5 komentar:

  1. Ijin bertanya pk, apakah yg d maksud dengan flas rom pada bagian 1.2.1 fimaware ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Integrated Circuit (IC) yang dapat diprogram dan dihapus secara listrik atau sering disebut EEPROM. Semoga penjelasan ini dapat memberikan pemahaman.

      Hapus
  2. Seandainya Jika Tidak ada Perangkat Lunak pada sistem Komputer Maka Sistem Komputer akan Masih Berjalan Atau Tidak..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena perangkat lunak merupakan komponen sistem komputer sehingga jika komponen ini tidak ada maka sistem tidak akan mencapai tujuannya menyelesaikan permasalahan tertentu. Begitu Mr. Hafidi, semoga jawaban ini dapat memuaskan.

      Hapus