Sabtu, 02 Maret 2024

1.3 Perangkat Pengguna (Brainware)

Komponen lain dari sistem komputer adalah aktor pengguna atau operator komputer. Pengguna rnerupakan suatu integral dari suatu sistem komputer. Sistem komputer tidak akan bermanfaar jika tidak ada pengguna yang berkepentingan menggunakannya. Sejarah perkembangan komputer menunjukkan bahwa usaha pengembangan komputer, baik perangkat keras dan perangkat lunaknya diarahkan pada usaha mempermudah pengguna dalam menggunakan komputer. pengguna sistem komputer dapat dibedakan atas:
1. Pemrogram sistem,
2. Pemrogram aplikasi, dan
3. Pengguna aplikasi.

1.3.1 PEMROGRAM SISTEM
Salah satu keistimewaan sistem komputer adalah perangkat lunak yang akan dijalankan pada komputer dapat dikembangkan rangsung dengan komputer juga. Pengguna yang menggunakan sistem komputer untuk membuat perangkat lunak seperti sistem operasi dan aplikasi sistem disebut sebagai pemrogram sistem.
Pengguna pada level ini harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai cara kerja perangkat keras komputer, konsep yang kuat mengenai perangkat lunak sistem serta menguasai tool-tool pengembangan perangkat lunak yang tersedia.

1.3.2 PEMROGRAM APLIKASI
Pemrogram aplikasi adalah pengguna sistem komputer yang membuat aplikasi-aplikasi pengguna vang dijalankan diatas sistem operasi' Setiap uptit uri berkaitan dengan suatu permasalahan khusus yang hendak diseleuikun dengan bantuan komputer. Misalnya adalah Microsoft Word adalah aplikasi khusus untuk pengolahan surat dan dokumen, sedangkan MS Excel ditujukan untuk penyelesaian masalah akuntansi, statistik dengan memakai perhitungan tabular.
Pengguna pada level ini harus menguasai salah satu bahasa pemrograman' dupur menggunakan salah satu tool pemrograman serta menguasai permasalahan serta solusi untuk aplikasi yang hendak dikembangkannya.
1.3.3 PENGGUNAAPLIKASI

Pengguna ini menggunakan aplikasi yang dibuat oleh pemrogram aplikasi maupunpemrogramsistem.Penggunapadaleveiinitidakdituntutuntuk memiliki pengetahuan mengenai perangkat keras dan perangkat lunak sistem. Persyaratan minimalnya, Pengguna aplikasi mamPu bekerja dengan peranti I/O pada komputer serta memahami penggunaan program aplikasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar