Jumat, 15 Maret 2019

3.1 Pengertian Proses (Task)

 3.1 PROSES


Pada masa awal perkembangan komputer, kode instruksi program dibaca dari suatu kartu plong, kemudian disalin ke memori utama dan akhirnya dieksekusi langsung oleh prosesor. osesor. Dewasa ini kode-kode instruksi pro-


52


Sistem Operasi


gram disimpan sebagai berkas pada media penyimpan sekunder seperti magnetic disk, floppy disk, CDROM ataupun DVDROM.


Kode-kode instruksi program tidak dapat diekseksusi langsung dari media penyimpannya. Ketika suatu program akan dieksekusi maka kode-kode instruksinya akan dibaca dari berkas dan disalinkan ke ruang memori utama. Selain untuk menyimpan kode-kode instruksi program, ruang memori yang dialokasikan diperlukan untuk mencatat berbagai informasi yang terkait dengan eksekusi program seperti status eksekusinya, alamat kode instruksi yang sedang dieksekusi serta sumber daya komputer yang sedang digunakan seperti data, berkas, dan peranti I/O. Intinya, eksekusi suatu program bukan sekedar eksekusi kode-kode instruksi program tapi melibatkan pengelolaan informasi eksekusinya juga.


Oleh sebab itu, dalam sistem operasi diperkenalkan konsep proses untuk mendeskripsi eksekusi program dan pengelolaan sumber daya komputer yang dipergunakannya. Secara sederhana, proses dapat didefinisikan sebagai program yang sedang berjalan atau dieksekusi. Pada pembahasan selanjutnya istilah proses akan digunakan untuk menggantikan istilah job atau tugas yang dikerjakan oleh prosesor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar