Jumat, 15 Maret 2019

BAB VI MANAJEMEN DEVICE

        Salah satu tugas sistem operasi adalah mengontrol operasi-operasi peranti input/output (I/O) atau device pada sistem komputer. Selama suatu apli- kasi sedang dijalankan, umumnya diperlukan operasi I/O seperti men- dapatkan masukan pengguna dari keyboard ataupun memunculkan hasil pemrosesan ke monitor. Sistem operasi bertugas mengambil data masukan dari keyboard ataupun peranti input lain untuk diproses lebih lanjut oleh prosesor.

        Selain itu, sistem operasi mengontrol operasi peranti I/O dengan me- ngirimkan instruksi ataupun memeriksa status peranti I/O bersangkutan. Misalnya dalam operasi pengiriman data keluaran ke printer maka sistem operasi harus memeriksa status kesiapan printer untuk melakukan tugas pencetakan. Selanjutnya sistem operasi mengirimkan data yang hendak dicetak dan diikuti dengan instruksi untuk mulai melakukan pencetakan.

        Selain mengontrol operasi I/O, sistem operasi harus menyediakan antar- muka yang mudah dan seragam untuk operasi-operasi I/O serta menyem- bunyikan detail perbedaan operasi antar peranti I/O. Dengan kata lain, sistem operasi harus mengelola perangkat keras dan perangkat lunak dari sistem I/O.

        Bagian ini akan menjelaskan organisasi sistem I/O dari suatu sistem komputer, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Selain itu, akan dibahas mengenai komponen-komponen fungsional sistem operasi yang berkaitan dengan operasi I/O.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar