Jumat, 15 Maret 2019

6.1 Struktur Organisasi Sistem Device (I/O)

Sistem I/O pada sistem komputer dapat ditinjau dari segi organisasi fisik atau perangkat keras maupun dari segi organisasi perangkat lunaknya.

Secara fisik, organisasi sistem I/O pada sistem komputer seperti ditunjukkan pada Gambar 6.1 dapat dibedakan atas:

1. Peranti I/O (Device)

Peranti-peranti I/O yang terkoneksi ke komputer memiliki karak teristik khas sesuai dengan fungsi dan teknologi yang digunakannya Peranti I/O dapat berupa komponen elektris maupun mekanik Contoh peranti I/O seperti monitor, keyboard, mouse, printer, scanner.

2. Device controller (adapter)

Supaya peranti-peranti I/O dapat dikontrol dan berkomunikasi dengan sistem komputer maka harus ada Device controller yang berfungsi sebagai antarmuka antara peranti I/O dengan sistem internal komputer. Device controller ini merupakan sirkuit digital yang berfungsi mengontrol kerja komponen mekanik ataupun elektris lainnya dari peranti I/O.

3. Bus I/O

Bus VO terdiri atas bus data, alamat dan kontrol yang berfungsi menghubungkan device controller dengan elemen internal komputer seperti prosesor dan memori. Selain itu, terdapat juga bus I/O lanjut an atau ekspansi, seperti bus parallel, serial, PS2, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan peranti Vo yang bersifat mudah dipindah-pindahkan (movable) dan umumnya terletak di luar kotak komputer.



graphic controller


bridgeimemory controfier


SCSI controler


IDE disk controller


expansion tas interface


Parallel-Serial port


Gambar 6.1 Organisasi Fisik dari Sistem Komputer


Sistem I/O komputer dapat pula ditinjau dari segi organisasi sistem perangkat lunaknya. Pada kebanyakan sistem operasi seperti keluarga sistem operasi Windows ataupun Linux, sistem perangkat lunak I/O dirancang dalam struktur berlapis dan umumnya terdiri atas lapisan:


1. Lapisan intterupt handler

Lapisan perangkat lunak ini menangani terjadinya interupsi dan pengalihan eksekusi ke rutin penanganan interupsi, interrupt handler, yang bersesuaian.


2. Lapisan device driver

Lapisan device driver mengimplementasi secara khusus rincian operasi dari masing-masing jenis pengendali peranti I/O atau device controller. Lapisan device driver merupakan abstraksi terhadap operasi peranti I/O yang sangat beragam dan menyediakan antarmuka yang seragam untuk peranti I/O yang sejenis.


3. Lapisan subsistem I/O atau Kernel I/O

Lapisan ini menyediakan antarmuka atau fungsi I/O yang generik bagi komponen lain sistem operasi maupun aplikasi.


4. Lapisan Pustaka I/O Aplikasi

Lapisan ini mengimplementasi pustaka pengaksesan I/O atau API (Application Programming Interface) bagi aplikasi untuk melakukan operasi I/O.


Selanjutnya masing-masing komponen dari organisasi perangkat keras dan perangkat lunak sistem I/O diatas akan dibahas sendiri-sendiri pada subbab berikut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar