Jumat, 15 Maret 2019

BAB III KONSEP PROSES (TASK)

 BAB III KONSEP PROSES


Bab III membahas konsep sistem operasi yang paling penting, yaitu proses. Pemahaman tentang konsep proses akan membantu pemahaman tentang komponen manajemen sistem operasi seperti manajemen proses, manajemen memori, manajemen device, dan manajemen berkas.


Proses merupakan abstraksi atau pemodulan terhadap eksekusi program. Dalam eksekusi suatu program, elemen yang terlibat bukan hanya kode instruksi program, tetapi melibatkan data-data yang akan diolah, berkas- berkas yang dibuka serta peranti I/O yang sedang diakses. Semua infor- masi tersebut perlu disimpan dan dilindungi selama eksekusi program tersebut.


Selain konsep proses, Bab V membahas pula sejumlah konsep lain yang berkaitan erat dengan manajemen proses, yaitu konsep multitasking dan konkurensi, terutama menjelaskan bagaimana konsep tersebut diimple- mentasikan pada sistem komputer. Bagian lainnya membahas tentang tahap-tahap yang dialami oleh proses selama siklus hidupnya, kemudian diikuti penjelasan mengenai struktur data yang digunakan untuk me- ngendalikan dan mengelola eksekusi proses.


Hal penting lain yang dibahas adalah mekanisme proteksi yang digunakan agar proses-proses dapat berjalan berdampingan secara aman dan tidak saling mengganggu pada lingkungan sistem operasi multitasking. Bagian terakhir menjelaskan konsep thread sebagai modul penstrukturan alur eksekusi dalam proses yang berguna meningkatkan unjuk kerja prosesor.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar