Jumat, 15 Maret 2019

3.4 Struktur Kendali Sistem Operasi

 


DATA 

3.4 STRUKTUR KENDALI SISTEM OPERASI


Agar dapat melakukan pengelolaan alokasi sumber daya untuk proses- proses, sistem operasi harus memiliki informasi mengenai status setiap proses dan sumber daya yang sedang diaksesnya. Setiap saat sistem operasi harus mengetahui seluruh sumber daya baik memori, peranti I/O, mau- pun berkas yang sedang diakses oleh masing-masing proses. Sistem operasi membentuk dan memelihara struktur data yang menyimpan informasi mengenai setiap sumber daya yang dikelolanya. Karena menjadi dasar bagi sistem operasi mengendalikan seluruh sumber daya komputer. Pata struktur data ini disebut dengan struktur kendali.


Data Contoh ringkas struktur kendali sistem operasi dapat dilihat pada Gambar 3.5. Struktur kendali ini umumnya berupa tabel-tabel yang berisi daftar sumber daya beserta atributnya yang sedang digunakan oleh proses-proses yang aktif. Masing-masing bagian struktur kendali sistem operasi akan dijelaskan di bagian berikut.


64


Sistem Operasi


Memory Tables


Memory


Devices


I/O Tables


Files


File Tables


Processes


Proc


Proc


Proc


Proc ↓


Process Images

Gambar 3.5 Struktur kendali sistem operasi


Data.


3.4.1 TABEL MEMORI (MEMORY TABLE)


Tabel memori digunakan untuk mencatat alokasi memori utama (main memory) dan memori maya (virtual memory). Memori maya menempati ruang pada memori sekunder, seperti disk dapat dilihat sebagai perluasan atau ekstensi dari memori utama. Tabel ini berisi alokasi memori utama untuk proses-proses, alokasi memori maya untuk proses-proses, atribut proteksi terhadap memori utama dan maya, serta informasi yang diperlukan untuk mengatur memori maya.


3.4.2 TABEL I/O (I/O TABLE)


Tabel I/O digunakan untuk mencatat status peranti I/O dan mengetahui apakah saluran (channel) sistem komputer dalam keadaan bebas atau sedang terpakai. Sistem operasi pun perlu mengetahui status operasi I/O dan lokasi penyalinanan/pembacaan datanya di memori utama, baik sebagi lokasi tujuan ataupun lokasi asal.


3.4.3 TABEL BERKAS (FILE TABLE)


Tabel berkas mencatat informasi berkas-berkas yang diakses oleh proses seperti lokasinya di media penyimpan, statusnya pada saat ini, hak akses- nya, serta atribut berkas lainnya. Informasi-informasi yang dicatat pada tabel berkas akan digunakan oleh komponen manajemen berkas.


Proc


Konsep Proses


65


3.4.5 TABEL PROSES (PROCESS TABLE)


Tabel proses mencatat informasi mengenai status dari setiap proses. Informasi status dari proses-proses inilah yang akan digunakan sistem operasi untuk mengatur penjadwalan eksekusi proses. Umumnya tabel proses diimplementasikan sebagai suatu link list seperti tampak pada Gambar 3.5. Masing-masing rekaman pada list berisi referensi atau pointer ke image, alokasi memori utama dari proses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar