Jumat, 15 Maret 2019

Rangkuman Bab 3 Konses Proses (Task)

 RANGKUMAN

  1. Sistem konkuren merupakan sistem yang di dalamnya terdapat sejumlah aktivitas yang sedang berjalan secara bersamaan.

  2. Konkurensi dalam sistem uniprosesor dapat dilakukan dengan melakukan interleaving terhadap proses-1 proses yang sedang berjalan.

  3. Konkurensi dalam sistem multiprosesor dapat dilakukan dengan melakukan interleaving dan overlapping terhadap proses-proses yang sedang berjalan.

  4. Mutual exclusion digunakan sistem operasi untuk memastikan hanya ada satu proses yang masuk dalam critical section pada satu waktu.

  5. Kondisi di mana dua atau lebih proses dalam gu sumber daya komputer yang digunakan oleh proses lainnya disebut deadlock.

  6. Penjadwalan proses yang menerapkan prioritas memungkinkan suatu proses yang memiliki prioritas rendah tidak pernah mendapat giliran untuk dieksekusi. Kondisi ini disebut star vision.

  7. Sistem operasi harus dapat mengawasi berbagai proses yang aktif. Informasi untuk pengawasan dan pengelolaan masing-masing proses tersebut disimpan dalam suatu struktur data kendali yang disebut PCB

  8. Scheduler adalah rutin sistem operasi yang melakukan pemilihan proses yang akan dieksekusi dari antrian proses-proses yang berstatus ready.

  9. Dalam siklusnya, sebuah proses dapat berubah status dari running menjadi waiting jika proses tersebut mengakses ke peranti I/O.

  10. Jika pada suatu proses yang running melakukan pelangaran batas memori maka proses tersebut akan diubah statusnya menjadi terminated.

  11. Proses yang berstatus suspendblocked akan berubah statusnya menjadi... jika operasi I/O sudah selesai atau event yang ditunggu sudah muncul. Sus padded ready.

  12. Pada sistem operasi modern, image proses disimpan dalam blok-blok memori yang ukurannya bervariasi (disebut...), berukuran sama (disebut.), atau kombinasi keduanya. Segmatatic.

  13.         digunakan sistem operasi untuk menyimpan informasi dan mengatur peranti I/O dan saluran (channel) sistem komputer.

  14. Dalam mengelola berbagai proses yang berjalan, sistem operasi menyimpan informasi proses-proses tersebut dalam Process Control Block (PCB). Informasi pada PCB dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu 1) Process Identification, 2) Processor State Information, 3) Process Control Information

  15. Sebuah proses dapat memiliki karakter sebagai unit of resource ownership atau unit of dispatching. Unit of dispatching biasanya disebut  Thread,  sementara unit of resource ownership tetap disebut sebagai proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar